SBY Diminta Selesaikan Konflik RI-Malaysia dengan Semangat Persaudaraan

Jakarta - Perseteruan antara Indonesia dan Malaysia harus segera diakhiri. Kedua pemimpin negara harus saling berkomunikasi dengan semangat persaudaraan dan semangat 'minal aizin wal faizin'.

"Saya kira ketegangan antara kedua negara harus segera diredakan. Kedua pemimpin negara harus berkomunikasi dengan semangat ukhuwah dan minal aizin," ujar Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin di kantor PP Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakarta, Senin (30/8/2010).

Menurut Din, perseturuan antar negara tetangga tidaklah menguntungkan bagi kedua belah pihak. "Kedua pemimpin negara jangan saling menghina dan takabur," sarannya.

Selain itu, Din menilai banyaknya demonstrasi menentang Malaysia merupakan tindakan wajar dari masyarakat yang melihat ketidaktegasan pemerintah. "Cuma saya sarankan tindakan kita jangan sampai berlebihan," pintanya.

MU Hajar West Ham 3-0

GB
Dalam partai ini Rooney berhasil mencetak gol pertamanya di partai resmi setelah dia sudah puasa membobol gawang lawan sejak akhir Maret silam.


Hasil positif diraih Manchester United di pekan ketiga dengan menghajar West Ham 3-0. Gol tersebut dicetak oleh Rooney, Nani, dan Berbatov.

Upacara Kasada di Bromo




Bromo mempun
yai pesona alam yang sangat luar biasa, tidak akan pernah habis kekaguman kita oleh pemandangan alam yang indah. Gunung Bromo berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Brahma atau seorang dewa yang utama, gunung bromo ini merupakan gunung yang masih aktif dan objek pariwisata yang sangat terkenal diwilayah jawa Timur. Gunung bromo mempunyai ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut.

Padang Savana di alam peg
unungan yang sangat sejuk, kita dapat melihat rerumputan kering dan padang pasir yang sangat luas. Yang sangat menarik dan indah pada saat matahari terbit yang kita lihat dari Puncak Gunung di Pananjakan, karena kabut yang menyelimuti bawah gunung bromo membuat panorama indah dan mistik. Untuk mencapai gunung pananjakan kita dapat menyewa mobil hardtop yang banyak terdapat di penginapan. Atau jika anda ingin menikmati pemandangan secara alami dan sehat anda dapat melewati jalan setapak menunuju jalan penanjakan. Tetapi sangat disarankan anda menyewa guide yang sudah sangat terbiasa akan jalan dan medan di Bromo.

Selain itu juga Suku Tengger memiliki daya tarik yang luar biasa karena mereka sangat berpegang teguh pada adat istiadat dan budaya yang menjadi pedoman hidupnya. Pada tahun 1990 suku tengger tercatat berjumlah 50 ribu yang tinggal dilereng gunung Semeru dan disekitar kaldera. Mereka sangat dihormati oleh penduduk sekitar karena mereka sangat memegang teguh budaya mereka dengan hidup jujur dan tidak iri hati. Konon Suku tengger adalah keturunan Roro Anteng(putri Raja Majapahit) dan Joko Seger (putera brahmana). Bahasa daerah yang mereka gunakan sehari hari adalah bahasa jawa kuno. Mereka tidak memiliki kasta bahasa, sangat berbeda dengan Bahasa jawa yang dipakai umumnya karena mempunyai tingkatan bahasa.

Sejak Jaman Majapahit konon wilayah yang mereka huni adalah tempat suci, karena mereka dianggap abdi – abdi kerajaan Majapahit. Sampai saat ini mereka masih menganut agama hindu, Setahun sekali masyarakat tengger mengadakan upacara yadnya Kasada. Upacara ini berlokasi disebuah pura yang berada dibawah kaki gunung bromo. Dan setelah itu dilanjutkan kepuncak gunung bromo. Upacara dilakukan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama dibulan kasodo menurut penanggalan jawa.

Tempat untuk mengadakan upacara kasada adalah Pura Luhur Poten Gunung Bromo, tidak seperti pemeluk hindu pada umumnya yang memiliki candi candi sebagai tempat ibadah. Namun poten merupakan sebidang tanah dil ahan pasir sebagai tempat berlangsungnya upacara kasada.

Asal usul upacara Kasada terjadi beberapa abad yang lalu “Pada masa pemerintahan Dinasti Brawijaya dari kerajaan Majapahit, permaisuri dikaruniai anak perempuan yang bernama Roro Anteng. Setelah beranjak dewasa sang Putri jatuh cinta kepada seorang pemuda anak dari Kasta Brahmana yang bernama Joko Seger. Pada saat Kerajaan Majapahit mengalami kemerosotan dan semakin berkibarnya perkembangan Islam di P Jawa. Beberapa orang kepercayaan kerajaan dan sebagian keluarganya memutuskan pergi kewilayah timur. Dan sebagian besar ke kawasan pegunungan tengger, termasuk Roro Anteng dan Joko Seger. Setelah mereka menjadi penguasa diwilayah ini, mereka sangat sedih karena belum dikaruniai seorang anak. Berbagai macam cara mereka coba, sampai pada akhirnya mereka kepuncak Gunung Bromo untuk bersemedi. Akhirnya permintaan mereka dikabulkan dengan munculnya suara gaib, dengan syarat anak bungsu mereka setelah lahir harus dikorbankan kekawah gunung bromo. Setelah mereka dikaruniai 25 orang anak, tiba saatnya mereka harus mengorbankan si bungsu. Tetapi mereka tidak tega melakukannya, karena hati nurani orang tua yang tidak tega membunuh anaknya. Akhirnya sang dewa marah dan menjilat anak bungsu tersebut masuk kekawah gunung, timbul suara dari si bungsu agar orang tua mereka hidup tenang beserta saudara-saudaranya. Dan tiap tahun untuk melakukan sesaji yang dibuang ke gunung bromo. Sampai sekarang adat istiadat ini dilakukan secara turun menurun.

Untuk dapat melihat upacara kasada bromo lebih baik kita datang sebelum tengah malam, karena ramainya persiapan para dukun. Hari hari upacara kasada bromo, banyak penduduk sekitar yang berdatangan. Baik mengendarai sepeda motor atau kendaraan pribadi lainnya. Sehingga mengakibatkan jalanan kebawah menuju kaki gunung sangat macet. Dan bisa membuat Mobil dari gerbang tidak bisa turun kebawah. Jalan lain kebawah yaitu anda berjalan dengan rombongan rombongan penduduk yang menuju pura. Karena jika sendiri dipastikan akan tersesat, karena kabut yang sangat tebal dan pandangan sangat terganggu.

Selain itu Upacara Kasada bromo juga dilakukan untuk mengangkat seorang Tabib atau dukun disetiap desa. Agar mereka dapat diangkat oleh para tetua adat, mereka harus bisa mengamalkan dan menghafal mantera mantera. Beberapa hari sebelum Upacara Kasada bromo dimulai, mereka mengerjakan sesaji sesaji yang nantinya akan dilemparkan ke Kawah Gunung Bromo. Pada malam ke 14 bulan Kasada Masyarakat tengger berbondong bondong dengan membawa ongkek yang berisi sesajo dari berbagai macam hasil pertanian dan ternak. Lalu mereka membawanya ke Pura dan sambil menunggu Dukun sepuh yang dihormati datang mereka kembali menghafal dan melafalkan mantera, tepat tengah malam diadakan pelantikan dukun dan pemberkatan umat dipoten lautan pasir gunung bromo. Bagi masyarakat Tengger, peranan Dukun adalah sangat penting. Karena mereka bertugas memimpin acara – acara ritual, perkawinan dll. Sebelum lulus mereka diwajibkan lulus ujian dengan cara menghafal dan lancar dalam membaca mantra mantra.

Setelah Upacara selesai, ongkek – ongkek yang berisi sesaji dibawa dari kaki gunung bromo ke atas kawah. Dan mereka melemparkan kedalam kawah, sebagai simbol pengorbanan yang dilakukan oleh nenek moyang mereka. Didalam kawah banyak terdapat pengemis dan penduduk tengger yang tinggal dipedalaman, mereka jauh jauh hari datang ke gunung bromo dan mendirikan tempat tinggal dikawah gunung Bromo dengan harapan mereka mendapatkan sesaji yang dilempar. Penduduk yang melempar sesaji berbagai macam buah buahan dan hasil ternak, mereka menganggapnya sebagai kaul atau terima kasih mereka terhadap tuhan atas hasil ternak dan pertanian yang melimpah. Aktivitas penduduk tengger pedalaman yang berada dikawah gunung bromo dapat kita lihat dari malam sampai siang hari Kasada Bromo.

DRAWING CHAMPIONS LEAGUE 2010-2011















GRUP A

Inter Milan (ITA)

Werder Bremen (GER)

Tottenham (ENG)

Twente (NED)



GRUP B

Lyon (FRA)

Benfica (POR)

Schalke (GER)

Hapoel Tel Aviv (ISR)

GRUP C

Man. United (ENG)

Valencia (ESP)

Rangers (SCO)

Bursaspor (TUR

GRUP D

Barcelona (ESP)

Panathinaikos (GRE)

Copenhagen (DEN)

Rubin Kazan (RUS)

GRUP E

Bayern Munchen (GER)

AS Roma (ITA)

FC Basel (SUI)

CFR Cluj (ROM)

GRUP F

Chelsea (ENG)

Marseille (FRA)

Spartak Moskow (RUS)

MSK Zilina (SVK)

GRUP G

AC Milan (ITA)

Real Madrid (ESP)

Ajax (NED)

Auxerre (FRA)

GRUP H

Arsenal (ENG)

Shakhtar Donetsk (UKR)

Braga (POR)

Partizan Belgrade (SER)

Bahaya Es Teh Bagi Ginjal

Siapa tak suka minum es teh? Rasanya yang manis menyegarkan, berpadu dengan harga murah membuat es teh menjadi minuman favorit di segala suasana, termasuk saat berbuka puasa.

Popularitas es teh terbukti dengan kehadirannya di hampir semua tempat makan, mulai dari kelas warung hingga restoran mahal. Mungkin banyak yang setuju dengan jargon es teh kemasan, "Apapun makanannya, minumnya tetap es teh."

Tapi tahukah Anda, di balik kenikmatannya, es teh menyimpan potensi merugikan bagi kesehatan. Penelitian Loyola University Chicago Stritch School of Medicine mengungkap bahwa konsumsi es teh berlebih meningkatkan risiko menderita batu ginjal.

Seperti dikutip dari laman Times of India, es teh mengandung konsentrasi tinggi oksalat, salah satu bahan kimia kunci yang memicu pembentukan batu ginjal. "Bagi mereka yang memiliki kecenderungan sakit batu ginjal, es teh jelas menjadi minuman terburuk," kata Dr John Milner, asisten profesor Departemen Urologi, yang tergabung dalam penelitian.

Milner mengatakan, teh panas sebenarnya juga menyimpan efek buruk yang sama. Hanya, takaran penyajian teh panas biasanya lebih kecil. Logikanya, orang meminum teh panas tak akan sebanyak minum es teh. Jarang orang yang mengonsumsi teh panas saat haus. Berbeda dengan es teh, di mana banyak orang sanggup meminumnya lebih dari segelas saat haus dan udara panas.

Pria, wanita posmenopause dengan tingkat estrogen rendah, dan wanita yang pernah menjalani operasi pengangkatan indung telur paling rentan terpapar dampak buruk es teh. Oleh karenanya, Milner menyarankan, mengganti konsumsi minuman itu dengan air putih, atau mencampurnya dengan lemon. "Lemon kaya kandungan citrates, yang dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal," kata Milner.

Batu ginjal adalah kristal kecil yang terbentuk dari mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam air seni, ginjal atau saluran kemih. Mineral tak terpakai itu umumnya bisa keluar dari tubuh bersama urin, tapi dalam kondisi tertentu bisa mengendap dan membatu di dalam saluran kemih.

Peneliti juga mengungkap sejumlah makanan lain yang berpotensi menyimpan efek buruk. Mereka menyebut antara lain: bayam, cokelat, kacang-kacangan, garam, dan daging.

Sebaiknya, konsumsi es teh dan makanan-makanan itu secara moderat demi kesehatan ginjal. Padukan pula dengan makanan tinggi kalsium yang dapat mereduksi oksalat. Dan, tentu saja perbanyak minum air putih.

Jatuh Cinta: Sebuah Peristiwa Ilmiah

Pernahkah gejala-gejala ini mengejutkan anda? Debaran jantung yang tidak menentu, setruman listrik yang semu, perasaan yang bercampur aduk, kehilangan kata-kata, tersipu-sipu karena salah tingkah, pulsa yang membengkak hingga status facebook yang mengundang puluhan komentar. Ah, Anda pasti tahu bagaimana rasanya. Siapapun akan mengakui jatuh cinta memang begitu menakjubkan.

William Shakespeare, sang penulis kisah cinta legendaris, Romeo and Juliet, kesulitan memahami paradoks cinta dan hanya bisa menyimpulkan, “Love is the most beautiful of dreams and the worst of nightmares.”. Cinta itu buta, cinta itu tak masuk akal. Jangan samakan cinta dengan logika. Demikianlah kata para pujangga cinta. Ya, mungkin ada benarnya. Namun, anda salah jika berpendapat cinta adalah murni masalah perasaan semata.

Ketika Ilmuwan Bicara Cinta

Barangkali anda mengira para mahkluk cerdas yang berkutat dengan rumus-rumus di laboratorium pasti kebal dengan panah sang cupid. Seandainya anda tahu, topik cinta tidak hanya menjadi gosip dikalangan selebriti, tetapi juga menjungkirbalikkan dunia para ilmuwan jenius.

Kembali ke tahun 1894, lihat saja ilmuwan yang memfokuskan risetnya pada medan magnet ini. Sang malaikat cinta telah menemukan korbannya. Pierre Currie tidak lagi berkonsentrasi pada medan magnetnya ketika ia menemukan kutub magnetnya yang baru, Marie Sklodowska, ahli fisika wanita yang terbit bak mentari pagi dalam hidupnya. Karena kecintaannya pada Polandia, tanah airnya, butuh waktu yang lama bagi Marie untuk menjawab “Ya”.

Seorang Pierre tidak mengenal kata menyerah, bahkan dalam urusan asmara sekalipun. Ia mengejar pujaan hatinya itu dari Paris hingga Warsawa. Kisah ini berakhir happy ending, bukan hanya karena mereka menikah dan hidup bahagia selamanya seperti dongeng khas Hans Andersen. Namun, mereka telah menjadi pasangan ilmuwan paling kompak yang berhasil menemukan unsur baru radioaktif , plutonium dan radium.

Gaya gravitasi tidak memegang peranan bagi orang-orang yang sedang jatuh cinta. Bagaimana mungkin anda dapat menjelaskan dalam ilmu kimia dan fisika tentang fenomena biologis yang penting, seperti cinta pertama?”, pertanyaan ini dilontarkan oleh sang maestro fisika, Albert Einstein.

Ia bahkan menemukan hubungan antara cinta dengan teorinya yang terkenal ,” Letakkan tanganmu ditungku panas selama semenit, rasanya seperti satu jam, duduklah bersama dengan gadis pujaanmu selama satu jam, rasanya seperti semenit. Itulah makna relativitas”.

Kolaborasi Akbar Kimia Cinta

Para psikolog menyatakan, hanya butuh 90 detik hingga 4 menit untuk membuat anda menggandrungi seseorang. Helen Fisher dari Rutgers University membagi perjalanan sang cupid menjadi 3 tahap yaitu hasrat ( lust ), daya tarik (attraction) dan terikat (attachment). Nah, inilah wajah asli sang cupid menampakkan dirinya. Bukan mahkluk bersayap yang biasanya menghiasi kartu valentine. Namun, dibalik fenomena cinta, ada sekelompok senyawa yang bertanggung jawab meracik reaksi kimia untuk membuat anda “mabuk kepayang”.

Pada tahap awal, hormon testosteron pada pria dan estrogen pada wanita bekerja sama menggelar karpet merah untuk menyambut datangnya cinta setelah masa pubertas. Memasuki tahap daya tarik, muncullah adrenalin, dopamine dan serotonin yang membawa sensasi. Dan di babak terakhir, setelah pasangan tersebut menikah, hadirlah oksitosin dan vasopressin untuk membuat mereka lengket bak perangko hingga maut datang memisahkan.

Kronologis Perjalanan Cinta

Benarkah cinta hadir pada pandangan pertama? Sekilas kelihatannya memang demikian, tetapi kurang tepat. Fakta ilmiah menunjukkan cinta datang lewat “hidung”. Awalnya, wanita mengeluarkan zat kimia feromon, yang dihasilkan selama masa ovulasi. Feromon ini akan “tercium” lewat hidung lawan jenisnya. Sebaliknya nada suara pria yang berat dan penuh percaya diri dapat menarik perhatian wanita karena mengandung kadar testosteron.

Setelah feromon terdeteksi, adrenalin akan memacu detak jantung anda. Kemudian dopamine akan bereaksi untuk memberikan perasaan bahagia yang tak terlukiskan. Bahkan, efek dari zat “ pleasure chemistry” ini, hampir setara dengan efek “fly” yang ditimbulkan oleh kokain sehingga energi tubuh meningkat, sulit tidur dan menginterupsi selera makan.

Selanjutnya giliran serotonin yang membuat anda terobsesi untuk terus memikirkan sang pujaan hati. Dr.Donatella Marazziti, Psikiatri dari University of Pisa mengadakan survei terhadap sampel darah dari 20 pasangan yang sedang jatuh cinta. Ia menemukan kadar serotonin yang tinggi hingga hampir menyamai level terendah dari obsesi kompulsif.

Akhirnya, setelah sebuah cincin melingkar di jari manis, zat oksitosin dan vasopressin akan bekerja keras untuk mempertahankan kesetiaan. Oksitosin juga memperkuat ikatan batin antara ibu dengan bayinya yang baru lahir dan merangsang reproduksi ASI. Prof.Dianne Witt dari New York melakukan eksperimen dengan menghentikan pasokan oksitosin alami pada tikus. Hewan pengerat itu langsung menunjukkan gejala menolak anaknya. Sebaliknya, ketika oksitoksin disuntikkan pada tikus betina yang belum bereproduksi, ia tiba-tiba menjadi protektif dan menyayangi anak-anak tikus yang lain.

Mengapa Cinta Itu Buta

Menurut Ellen Berscheid, seorang psikolog cinta, dua orang yang baru jatuh cinta akan menganggap pasangannya sebagai sosok yang sempurna. Mereka akan melihat kelebihan sang kekasih dengan kaca pembesar dan mengabaikan kelemahannya. Tidak heran, inilah hasil kerjasama dopamine dan serotonin. Secara ilmiah, kebutaan adalah tahap alami untuk memasuki langkah selanjutnya, membuka gerbang bagi oksitosin untuk bekerja pasca hari pernikahan.

When Love Goes Wrong

Dibalik dongeng tentang manisnya cinta, panah sang cupid ini dapat berbalik arah menjadi bumerang untuk membuat seseorang patah hati. Luka hati dan air mata sering datang dari cinta yang salah. Misalnya, menjalin hubungan dengan orang yang sudah menikah atau melibatkan orang ketiga dalam sebuah hubungan. Dari manakah datangnya cinta yang salah ini?

Para ilmuwan menyebutkan alkohol dan narkotika dapat mengacaukan aturan kerja para senyawa cinta. Selain itu, krisis emosional yang berkepanjangan atau bahkan pil KB dapat menjadi penyebab lainnya. Pria dan wanita yang melewati shock emosi bersama-sama pada kejadian kecelakaan pesawat atau ancaman kematian dapat mengira cinta tumbuh diantara mereka, walaupun sebenarnya tidak.

Kesimpulannya, dengan memahami bahwa jatuh cinta dapat dijelaskan secara ilmiah, anda dapat lebih bijak saat berhadapan langsung dengannya. Alangkah baiknya jika logika dan perasaan berjalan seimbang sehingga anda tidak salah melangkah ketika hendak mengambil keputusan yang terpenting dalam hidup.

Sumber:

http://www.youramazingbrain.org/lovesex/sciencelove.htm

http://abcnews.go.com/GMA/OnCall/story?id=4147929&page=1

http://en.wikipedia.org/wiki/Marie_Curie

Cinta Pertama Tidak Pernah Mati

Kenapa bisa ada kalimat itu? Apakah karena cinta pertama sangat indah? Lebih indah dari cinta-cinta
selanjutnya? Apa cinta terakhir sudah tak indah lagi? Jawabannya adalah, karena cinta pertama adalah cinta paling murni dalam sejarah perjalanan lelaki dan perempuan.

Cinta pertama bukan pacar pertama. Cinta pertama adalah saat kita jatuh cinta pertama kali pada seseorang. Biasanya pada usia belia. Bisa 10 , 12, 13 bahkan 8 tahun! Pada usia sehijau itu, kita bahkan tidak tahu apa itu cinta yang sesungghnya atau bukan. Yang jelas kita kasmaran pada seseorang. Tak bisa tidur. Lagu First Love-nya Nikka Costa sangat mewakili perasaan itu…. “Everyone can see…there’ s a change in me…bla bla bla”.

Di usia sebelia itu, bayangan kita tentang cinta sangatlah indah dan mulia. Tidak ada bumbu seks.
Boro-boro deh. Tepat sekali kalau diibaratkan cinta masa itu sebagai domba kecill yang cute dan innocent. Lembut, polos, kekanakan dan menggemaskan. Bebas dari dosa. Sungguh definisi cinta dalam arti paling murni.

Seiring waktu, usia tambah dewasa dan cinta pertama pun terlupakan. Menyusul cinta kedua, ketiga,
kesebelas..ke sekian puluh…ke seratus..dan seterusnya. Kian angka itu bertambah, kian jauh dari
gambaran indah. Ada seks, nafsu, obsesi materi, dan sejenisnya. Pada saat itulah, kenangan yang indah tentang manisnya, indahnya, dan tulusnya cinta pertama pun akan terkenang kembali, dirindukan kembali kehadirannya.

Kalau cinta pertama adalah domba yang imut, maka semua hal buruk-buruk yang menyelingi cinta berikut-berikutnya adalah serigala. Katakanlah seks itu serigala. Maka sekarang, di usia yang tak lagi belia, yang banyak beredar itu adalah serigala berbulu domba. Tambah sulit saja mengenali mana domba sejati. Bahkan mungkin tidak ada lagi.

Itulah mengapa dikatakan cinta pertama tidak pernah mati. Sebab memang cinta pertama dianggap cinta yang paling murni dalam hubungan lelaki-perempuan. Tidak ada nafsu seks, obsesi kecantikan, ketampanan, kekayaan, ambisi ingin memiliki, dan sebagainya. Dan kini yang kita jumpai dimana-mana
adalah serigala berbulu domba. Sungguh ironis!

Gundah Hati

Apakah yang terjadi dengan hati

Hari ini begitu gersang untuk ku rasa
Walau hujan deras basahi wajah bumi
Tak jua dinginkan hati gundah

Mungkin jiwa sedang terganggu
Dengan wacana di sore kala itu
Buat ku berangan tak terhenti
Imajinasikan semua hal kan terjadi
Tercipta dari kata yang terucap

Gejolak jiwa tak terjaga
Walau ingin tuk tenang
Agar dunia luar tak terganggu
Dari bimbang yang bertumbuh
Karena ku takut mereka risaukan ku

Keresahan Hati

Ketika hati ini terasa sangat tertekan...dan logika tak dapat berfungsi dengan baik...manakala semua hal terasa begitu membosankan...ketidak berdayaan makhluk tuhan untuk mengungkapkan semua beban di hati...

Semua norma yang ada di bumi yang dibuat manusia begitu menyesakan dada tak ada kebebasan manusia untuk berekspresi menentukan jalan nya sendiri... Ketika manusia dihadapkan pada satu hal yang dianggap sangat tidak wajar, dan manusia tersebut ingin mengungkapkannya... Karena manusia tersebut sangat berbeda dengan manusia yang lainnya.

Selalu Merasa Lelah? Ini Dia 14 Sebab & Solusinya!


Kalau kelelahan yang Anda rasakan tak cukup diatasi dengan olahraga, kenali sebab dan solusinya. (Foto: gettyimages)


JIKA Anda mengalami kelelahan ringan yang tidak terhubung ke setiap kondisi medis, solusinya adalah olahraga. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang sehat, tapi kerap merasa lelah bisa mendapatkan tambahan energi yang signifikan dari olahraga sederhana.

Namun kalau kelelahan yang Anda rasakan tak cukup diatasi dengan olahraga, kenali sebab lainnya. Berikut, 14 sebab dan solusi masalah kelelahan, seperti diulas WebMD.

Kurang tidur

Selain merasa lelah, kurang tidur juga dapat memengaruhi konsentrasi dan kesehatan. Idealnya, orang dewasa tidur 7-8 jam setiap malam. Jadikan tidur sebagai prioritas dan jaga jadwal tidur secara teratur. Singkirkan laptop, telepon seluler, dan PDA dari kamar tidur Anda. Masih mengalami kesulitan? Cari bantuan dari dokter. Anda mungkin memiliki gangguan tidur.

Sleep apnea

Sebagian orang mengira mereka tidur cukup, tapi nyatanya sleep apnea sedang dialaminya. Sleep apnea bisa menghentikan napas Anda secara tiba-tiba di pertengahan tidur. Setiap gangguan membangunkan Anda sejenak dari tidur, tapi Anda mungkin tidak menyadarinya. Alhasil, kualitas tidur Anda kurang meskipun menghabiskan 8 jam di tempat tidur. Solusinya, turunkan berat badan jika Anda kelebihan, berhenti merokok, dan tidur dengan perangkat CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) untuk membantu menjaga jalan napas tetap terbuka di malam hari.

Tidak cukup “bahan bakar”

Makan terlalu sedikit bisa menyebabkan kelelahan, tetapi konsumsi makanan yang salah juga dapat menjadi masalah. Konsumsilah makanan dengan diet seimbang untuk membantu menjaga kadar gula darah Anda dalam rentang normal dan mencegah lesu ketika gula darah menurun.

Ada baiknya selalu sarapan dan mencoba untuk mengonsumsi protein dan karbohidrat kompleks di setiap waktu makan. Misalnya, makan telur dengan roti gandum. Serta konsumsilah makanan ringan di sela waktu makan untuk energi selama beraktivitas.

Anemia

Anemia merupakan penyebab utama kelelahan pada wanita. Kehilangan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi, menempatkan wanita pada risiko kelelahan. Sel-sel darah merah (yang terbuang selama haid) diperlukan untuk membawa oksigen ke jaringan dan organ. Karena itu, untuk anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, minum suplemen zat besi dan asup makanan kaya besi, seperti daging, hati, kerang, kacang-kacangan, dan sereal.

Depresi

Anda mungkin berpikir depresi sebagai gangguan emosi, tetapi juga berkontribusi banyak pada gejala fisik. Kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan adalah salah satu gejala paling umum dari depresi. Jika Anda merasa lelah selama lebih dari dua pekan, konsultasikan pada dokter.

Hypothyroidism

Tiroid adalah kelenjar kecil di pangkal leher. Tiroid mengendalikan metabolisme, yakni kecepatan tubuh Anda mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar tersebut kurang aktif dan fungsi-fungsi metabolisme terlalu lambat, Anda mungkin merasa lemas. Biasanya, tes darah bisa mendeteksi kadar hormon tiroid Anda jika menunjukkan angka rendah, synthetic hormone dapat membantu menormalkan metabolisme Anda.

Kelebihan kafein

Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi dalam dosis moderat. Tapi, terlalu banyak kafein dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan perasaan gugup. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak kafein menyebabkan kelelahan pada sebagian orang.

Sebaiknya, kurangi konsumsi kopi, teh, cokelat, minuman ringan, dan setiap obat yang mengandung kafein secara bertahap. Sebab, menghentikannya secara tiba-tiba dapat menyebabkan kelelahan.

ISK tersembunyi

Jika pernah mengalami infeksi saluran kemih (ISK), Anda mungkin akrab dengan rasa sakit dan rasa terbakar mendesak. Meski ISK tidak selalu menunjukkan gejala yang jelas dalam beberapa kasus, kelelahan mungkin satu-satunya gejala yang tampak. Untuk memastikan ISK, lakukan tes urine. Obat yang diberikan untuk ISK adalah antibiotik, dan kelelahan sebagai gejala biasanya akan hilang dalam waktu sepekan.

Diabetes

Pada penderita diabetes, kadar gula darah tetap tinggi di dalam aliran darah di mana ini akan diubah menjadi energi. Hasilnya, tubuh kehabisan tenaga walaupun cukup makan. Jika Anda ragu dengan kelelahan yang rasanya tak beralasan, konsultasikan kepada dokter dan kemungkinan melakukan tes laboratorium untuk diabetes. Pengobatan untuk diabetes termasuk perubahan gaya hidup, seperti diet, olahraga, terapi insulin, dan obat-obatan yang membantu proses metabolisme gula darah.

Dehidrasi

Kelelahan dapat menjadi tanda dehidrasi. Apakah Anda bekerja di luar ruangan atau di belakang meja, tubuh membutuhkan air untuk bekerja dengan baik. Jika Anda haus, Anda sudah mengalami dehidrasi. Karena itu, jangan menunggu haus untuk minum. Minumlah air sepanjang hari sehingga urin Anda berwarna terang.

Penyakit jantung

Ketika kelelahan menyerang selama aktivitas sehari-hari, seperti membersihkan rumah atau menyiangi tanaman, ini dapat menjadi tanda bahwa hati Anda tidak bekerja dengan baik. Jika Anda merasakan semakin sulit untuk menyelesaikan tugas-tugas yang mudah, bicarakan dengan dokter soal kemungkinan penyakit jantung. Mengubah gaya hidup, pengobatan, dan terapi sesuai prosedur bisa menjamin penyakit jantung Anda terkontrol sehingga energi Anda kembali normal.

Gangguan tidur pekerja malam

Bekerja malam atau mengganti shift dapat mengganggu jam tidur Anda. Anda mungkin merasa lelah ketika harus terjaga di malam hari. Dan, Anda mungkin mengalami kesulitan tidur di siang hari. Karenanya, batasi paparan terhadap siang hari ketika Anda perlu istirahat. Jadikan kamar tidur Anda gelap, tenang, dan sejuk sehingga mudah tertidur meski siang hari. Masih mengalami masalah tidur? Bicaralah dengan dokter Anda. Biasanya, suplemen dan obat dapat membantu.

Alergi makanan

Beberapa dokter yakin bahwa alergi makanan tersembunyi dapat membuat Anda mengantuk. Jika kelelahan semakin hebat setelah makan, Anda mungkin memiliki intoleransi ringan terhadap bahan makanan yang Anda santap. Intorelansi ringan ini tidak cukup untuk menyebabkan gatal-gatal, tapi cukup untuk membuat Anda lelah.
Solusinya, cobalah mengeliminasi satu per satu makanan untuk melihat apakah Anda makanan tersebut meningkatkan kelelahan. Anda juga dapat meminta dokter untuk melakukan tes alergi makanan.

CFS dan fibromyalgia

Jika kelelahan Anda berlangsung lebih dari 6 bulan dan semakin parah sehingga Anda tidak dapat mengatur kegiatan sehari-hari, sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome/CFS) atau fibromyalgia bisa jadi kemungkinannya. Keduanya dapat memiliki berbagai gejala, tetapi kelelahan terus-menerus dan tidak dapat dijelaskan adalah gejala utamanya.

Meskipun tidak ada perbaikan cepat untuk CFS atau fibromyalgia, pasien sering disarankan untuk perubahan jadwal harian mereka, belajar kebiasaan tidur yang lebih baik, dan memulai program olahraga untuk mengobatinya.(ftr)

Israelis and Palestinians to Resume Talks, Officials Say

WASHINGTON — Secretary of State Hillary Rodham Clinton is expected to announce Friday that Israel and the Palestinians will return to direct negotiations for the first time in 20 months, delivering the Obama administration a small victory in its protracted effort to revive the Middle East peace process, two officials briefed on the situation said Thursday evening.

The Israeli prime minister, Benjamin Netanyahu, and the president of the Palestinian Authority, Mahmoud Abbas, have agreed to place a one-year time limit on the talks, these officials said.

President Obama is expected to invite both leaders to Washington in early September to start the negotiations, which will cover thorny issues like the borders of a new Palestinian state, the political status of Jerusalem, security guarantees for Israel and right of return for Palestinian refugees.

The Obama administration declined to confirm the announcement, which was first reported by Reuters, with an official cautioning that final details were still being worked out and that the timing could slip by a day or so.

But after months of grueling diplomacy by the administration’s special envoy to the region, George J. Mitchell, officials sounded a more optimistic note on Thursday.

“We think we are very, very close to a decision by the parties to enter into direct negotiations,” Philip J. Crowley, the State Department spokesman, said to reporters. “We think we’re well positioned to get there.”

Mrs. Clinton has been working the phone in recent days to clear the final hurdles, speaking Thursday with Jordan’s foreign minister, Nasser Judeh, and with Tony Blair, the special representative of the Quartet, the group of Middle East peacemakers comprising the United States, the United Nations, the European Union and Russia.

Late on Wednesday, she spoke with the prime minister of the Palestinian Authority, Salam Fayyad.

While the details of the talks are not yet public, the one-year time limit is viewed as crucial because the Palestinians are leery of being drawn into an open-ended negotiation with Israel. Mr. Netanyahu has long said he is open to talks, but the Palestinians have been resistant, seeking assurances from the United States about the terms and conditions.

Israel has eschewed any pre-conditions to negotiations, officials said, including an extension of the government’s 10-month, partial moratorium on settlement construction in the West Bank, set to expire on Sept. 26. The Obama administration has pushed to restart direct talks so that the two sides would be at the negotiating table when that date arrives.

Mr. Obama held separate meetings with Mr. Netanyahu and Mr. Abbas in recent weeks, which officials said helped reassure the Palestinians and began to heal a rift between Israel and the United States over American demands that Israel halt settlement construction.

The broad outlines of a peace agreement are well known and likely to be based on the borders of Israel before the 1967 Arab-Israeli war, with certain agreed-upon land swaps. But many analysts are skeptical that Israel and the Palestinians will be able to reach a deal, given the hardened political realities on each side.

Mr. Netanyahu is trying to hold together a right-wing coalition that will view concessions, like an extension of the settlement moratorium, with extreme suspicion. The Palestinians are deeply divided between Fatah, which controls the Palestinian Authority from its base in the West Bank, and Hamas, a militant Islamic group that rules Gaza and is shunned by the West for its terrorist attacks.

Some analysts believe the two sides will quickly turn to the United States to provide “bridging proposals” to help close the gap on delicate issues. Mr. Crowley stressed that the negotiation was between Israel and the Palestinians, but acknowledged the American role.

“We, the United States, have always played a special role within this effort, and we will be prepared to assist the parties going forward in moving towards a successful negotiation,” he said.

Mobil Eksotis Bergaya Aristokrat

Foto: Ist

LONDON- Perusahaan pembuat mobil eksotis, Morgan Motor Company yang berlokasi di Inggris telah resmi mengungkapkan ilustrasi dari Morgan EvaGT .

Mobil yang desainnya sangat futuristik dengan dua pintu ini memiliki empat buah kursi. Untuk sumber tenaga menggunakan mesin 3.0 liter turbocharged enam silinder dengan konfigurasi segaris berbahan bakar bensin.

Mesin itu sendiri dikabarkan dibuat oleh BMW, namun bukan tidak mungkin hal ini dapat berubah pada saat mobil memasuki produksi pada tahun 2012.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga sebesar 306 bhp (228 kW) dan memiliki torsi 295 ft-lb (400 Nm). Dengan tenaga dahsyat, mesin mampu mendorong body mobil seberat 1.250 Kg dengan waktu akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 4,5 detik.

Mobil itu kemungkinan akan mencapai kecepatan tertinggi sekira 274 km/h. Mobil tersebut rencananya akan disediakan dalam transmisi otomatis dan manual enam kecepatan.

Sebagian besar dari body Morgan EvaGT menggunakan bahan aluminium, termasuk sasis. Meskipun memiliki bobot yang ringan, mobil itu nyaman dikendarain karena ada empat tempat duduk 2+2, serta banyak ruang untuk tas dan barang bawaan.

Harga EvaGT Morgan direncanakan akan pada kisaran Rp976 juta sampai Rp1.1 miliar. Perlu diingat, harga tersebut merupakan pasaran di Inggris dan Eropa.
(uky)

Merajut ASEAN Community 2015

JAKARTA - Association of South East Asian Nation (ASEAN) terus mengalami perkembangan setiap tahunnya. ASEAN kini sedang menuju pada ASEAN Community yang diharapkan dapat dicapai pada 2015 mendatang.
Hal inilah yang diutarakan oleh Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Djauhari Oratmangun, pada diskusi -Posisi Indonesia di ASEAN- di Hotel Aryaduta hari di Jakarta. Menurutnya, arah transformasi ini sudah mulai terbentuk sejak Bali Concord yang berlangsung pada 2003 silam.

Djauhari menyatakan, Bali Concord pada Oktober 2003, yang diikuti pemimpin negara ASEAN menegaskan, pembentukan ASEAN Community paling lambat dilakukan 2020.

Sekadar diketahui, komunitas ASEAN ini mencakup tiga pilar, yaitu komunitas politik keamanan, komunitas ekonomi dan komunitas sosial budaya.

Hal ini makin diperkuat pada KTT ASEAN ke-12 di Cebu, Filipina tahun 2007. Para pemimpin negara menegaskan komitmen percepatan pembentukan komunitas ASEAN pada 2015.

Dengan ratifikasi Deklarasi Cebu tersebut, disahkan percepatan pembentukan ASEAN Community paling lambat harus dipenuhi pada 2015.

"Untuk menjalin keakraban antara negara ASEAN, diperlukan pilar ketiga yakni pilar sosial budaya. Ini melengkapi pilar ekonomi dan pilar politik kemanan yang sudah berjalan. Hal ini dikarenakan tiap negara ASEAN memiliki kesamaan kebudayaan yang dapat merekatkan negara anggota ASEAN," ungkap Djauhari Oratmangun pada diskusi di Hotel Aryaduta di Jakarta, Rabu (18/8/2010).

Usai ratifikasi Cebu, negara ASEAN langsung mengamanatkan deklarasi tersebut pada 15 Desember 2008.

"Inilah yang saya sebut New ASEAN. ASEAN yang sekarang ini adalah bentuk baru, karena merupakan ASEAN yang punya undang-undang dasar, yang punya tiga pilar dan memiliki sekretariat yang lebih kuat di Jakarta serta ASEAN yang memiliki badan HAM," tandas Oratmangun.

Lebih lanjut Oratmangun menambahkan, jika ide-ide ini merupakan injeksi dari Indonesia yang telah melalui banyak pengalaman politik yang lebih luas. Tiga hingga empat tahun lalu tidak ada yang menyangka jika ASEAN memiliki badan HAM. Tetapi kini semua hal tersebut dapat terwujud dengan jelas.

Kiai Tak Boleh Salatkan Koruptor

Rokhmin Dahuri: Dosa Seperti Apa pun Asal Bertobat Allah Memaafkan
Indra Subagja - detikNews


Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan era Megawati, Rokhmin Dahuri, tidak setuju atas imbauan NU agar ulama tidak menyalatkan jenazah koruptor. Rokhmin, yang pernah dihukum 4 tahun karena kasus korupsi ini menilai Tuhan saja memaafkan manusia yang bertobat.

"Semestinya tidak seperti itu, dosa apa pun Allah memaafkan," kata Rokhmin saat dihubungi detikcom, Kamis (19/8/2010).

Apalagi sistem pengadilan Indonesia belum bisa dikatakan fair. Banyak yang seharusnya bersalah justru tidak dikenai vonis.

"Sistem pengadilan kita sudah adil atau tidak?" gugatnya.

Rokhmin menegaskan, imbauan NU itu bukan dari fiqih Islam. "Itu di luar ketentuan agama," tutupnya.

Rokhmin dijerat KPK karena selama periode kepemimpinannya pada 2002-2004 mengumpulkan dana di dua rekening Departemen hingga mencapai jumlah Rp 31 miliar. Total kerugian negara diperkirakan mencapai Rp 15 miliar. Rokhmin lantas dijerat Komisi Pemberantasan Korupsi dengan pasal 12 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999.

Di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi pada 23 Juli 2007, Rokhmin divonis 7 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider enam bulan penjara.

Majelis hakim banding di Pengadilan Tinggi Jakarta Pusat serta kasasi yang diajukan ke Mahkamah Agung tetap memberikan vonis yang sama bagi Rokhmin. Rokhmin lalu mengajukan Peninjauan Kembali dan divonis 4 tahun penjara.
(ndr/nrl)

Mahasiswa Haus Nilai Vs Mahasiswa Haus Ilmu

APAKAH selama ini kita masih menjadi mahasiswa bodoh yang hanya berpikir tentang bagaimana caranya besok bisa tampil lebih keren dari hari ini, dan hari ini bisa bertemu dengan dia dan berbincang-bincang atau sekadar duduk bersampingan. Dan percaya setiap tugas pasti ada yang mengerjakan (mungkin jin pendamping)?”

Barangkali semua hampir sepakat bahwa memiliki nilai sempurna adalah sebuah prestasi. Hanya saja, mendapatkannya perlu sedikit bersusah payah dan mau repot membolak-balikkan buku referensi yang tebalnya minta ampun. Ditambah pula harus mengerjakan setiap tugas se-perfect mungkin, tanpa cela, dan segalanya mesti terlihat sempurna di mata sang dosen.

Nilai, hanyalah sebuah simbol, dalam pengertian bahwa pemaknaan terhadap simbol itu sendiri bersifat multi interpretasi. Ketika seseorang mendapat nilai A, ada banyak kemungkinan kenapa dia mendapat nilai A. Boleh jadi waktu ujian dia tidak telat datang dan sedang tidak sakit, atau secara kebetulan dia berlatih soal-soal yang ternyata keluar waktu ujian. Mungkin juga karena sedang beruntung mendapatkan dosen baik hati (hanya memberi nilai A dan B). Dan tidak menutup kemungkinan dia semalam bermimpi mengerjakan soal, dan ternyata soalnya sama persis dengan yang diujikan. Ya, mungkin.

Memaknai Sebuah Nilai

Saya percaya nilai sebagai representasi kemampuan intelektual seseorang. Namun saya pikir, tidak serta merta semakin tinggi nilai yang didapat, semakin tinggi pula pemahaman dan kedewasaan cara berpikir seseorang. Toh, nilai hanyalah sebuah akumulasi angka. Tak bisa merepresentasikan kualitas individu secara komprehensif. Sederhananya, nilai tidak bisa dijadikan satu-satuya tolok ukur dalam menilai kualitas seseorang. Mestinya, perubahan positif yang terjadi setelah mendapatkan ilmu di kelas lebih bisa dipertanggungjawabkan dibanding dengan deretan angkat yang (bisa saja) tidak objektif. Hmmm…. Rasa-rasanya naif sekali ya ketika nilai A, B atau C bahkan D menjadi harga mati untuk barometer keberhasilan seseorang, apalagi ketika nilai tersebut jatuh, sang empunya merasa bahwa itu adalah ancaman dan kehancuran.

Nilai vs Ilmu: Pilih Mana?

Ketika yang dipilih nilai, maka yang dilakukan selama kuliah adalah bagaimana caranya mendapatkan nilai sempurna. Inilah mengapa ketika nilai menjadi yang dikejar, kita seakan terjebak pada sebuah ‘lingkaran setan’. Asal nilai bagus, copas (copy-paste) pun jadi, asal nilai bagus, nyontek pun tak jadi masalah. Persoalan ini semakin rumit, mengingat kejujuran mahasiswa tidak selalu bisa diandalkan. Terkadang (baca: seringnya) nilai idealisme sebagai insan akademis yang menjunjung tinggi kejujuran dalam berkreativitas seakan menjadi dagelan belaka dan menjadi nyanyian sumbang yang tak lagi enak di dengar. Ironis, sekaligus miris.

Mengejar nilai setinggi langit sah-sah saja, dan memang sangat dianjurkan, namun persoalannya berbeda ketika mendapatkan nilai dengan cara yang tidak fair, sehingga bisa saja yang karyanya hasil contekan, nilainya bisa melebihi karya hasil keringat sendiri. Maka tak heran, jika kreativitas di negeri ini kurang diapresiasi, dan pembajakan (baca: plagiasi intelektual) semakin menjadi hal yang biasa dan dibudidayakan. Ironis, sekaligus miris.

Sebenarnya, tren kuliah mengejar nilai, bisa dipahami dengan berkaca pada kenyataan bahwa banyak lembaga ataupun perusahaan mensyaratkan IPK yang tinggi sebagai sebuah ukuran keberhasilan di bangku kuliah, sehingga kemudian terjadi pergeseran paradigma dari kuliah untuk mencari ilmu menjadi kuliah mencari nilai. (Agak aneh juga kedengarannya ya). Dampaknya bisa ditebak, banyak universitas yang menghasilkan lulusan yang tidak siap menghadapi persaingan, bermental pekerja, gagap dalam mencipta dan berkarya.

Mencari Ilmu: Sekali Dayung, Dua Tiga Pulau Terlampaui

Mendapatkan nilai bagus itu gampang. Mendapatkan IPK diatas 3.8 itu gampang. Asal ada kemauan dan kesanggupan untuk menjalani tahapan-tahapannya disertai konsistensi. Hanya saja kita tak perlu begitu terpesona dengan nilai yang ‘wah’ yang pada akhirnya menjerat kita pada sebuah ‘lingkaran setan’. Justru yang terpenting adalah ilmu apa yang kita dapat, memaknai apa yang dipelajari serta mengaplikasikannya dalam kehidupan, dengan begitu saja saya kira cukup untuk mendaptkan nilai IPK yang tinggi tanpa ber-vivere pericolose .

Saya sepenuhnya percaya bahwa mencintai ilmu, mempelajari ilmu dan mengaplikasikan ilmu untuk kemudian mencipta dan berkarya adalah lebih memuaskan dan jauh lebih terhormat dari sekedar deretan angka-angka. Masyarakatpun tak akan menanyakan berapa IPK anda ketika kuliah, justru mereka akan menanyakan, kontribusi apa yang sudah anda berikan pada agama, bangsa dan almamater? Sudah siapkah kita untuk menjawab pertanyaan tersebut? Mari kita siapkan jawaban itu semenjak dari sekarang!

Wallahau a'lam.


Mifftah Nashir
Mahasiswa Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(//rhs)

Problematika Mahasiswa dari Masa ke Masa

MAHASISWA sejak kelahirannya sebagai salah satu kelas manusia terdidik di negeri ini memiliki peran yang signifikan dalam melaksanakan perubahan Indonesia dari masa ke masa. Dalam catatan sejarah, pergerakan Mahasiswa Indonesia memiliki prestasi yang gemilang. Dapat dikatakan, mahasiswa merupakan think tank perjuangan Indonesia yang sudah terorganisasikan secara modern, serta bermuatan intelektual. Sehingga dalam melakukan agenda-agenda perjuangan dapat dilakukan secara efektif, dan konstruktif

Kegemilangan pemuda yang paling momumental salah satunya terjadi ketika pemuda Indonesia melakukan tindakan pengamanan Soekarno ke Rengasdengklok agar Soekarno menyegerakan pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia, selain membentengi Soekarno dari intervensi kolonial maupun pengaruh komunis.

Pascakemerdekaan, organisasi mahasiswa tumbuh subur. Pada masa itu organisasi mahasiswa kebanyak memiliki afiliasi dengan partai politik, berdasarkan ideologi yang menjadi kredo perjuangannya, sebut saja Himpunan Mahasiwa Islam (HMI) yang kala itu berafiliasi dengan Masyumi, Persatuan Mahasiswa Khatolik RI (PMKRI) dengan Partai Katolik, Gerakan Mahasiwa Nasional Indonesia dengan Partai Nasional Indonesia (PNI), Pergerakan Mahsiswa Islam Indonesia (PMII) dengan Partai N, Gerakan Mahasiswa Sosialis Indonesia (Gemsos) dengan PSI, dan yang terakhir Concentrasi Gerakan Mahasiswa Indonesia (CGMNI) dengan PKI. Kedekatan-kedekatan yang terbangun sebenarnya tidak tertulis dalam aturan main organisasi masing-masing, tetapi antara organisasi tersebut dengan ideologi yang diusung partai memiliki kedekatan. Sehingga antar anggotanya juga memiliki kedekatan emosianal yang menyebabkan banyak alumni dari organisasi tersebut menjadi kader partai yang berafiliasi dengannya.

Ideologi komunis yang diusung oleh PKI dan CGMNI pascaPemilu 1955 melakukan konfrontasi kepada partai dan organisasi Mahasiswa lain, terutama perseteruan sengit antara HMI dengan CGMNI. Mahasiswa Indonesia memandang bahwa komunis sebenarnya ingin mengubah dasar negara yang sudah terpancang oleh pendiri bangsa ini menjadi sosialis. Konfrontasi ini direspon oleh mahasiswa Indonesia dengan membentuk Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI) pada 25 Oktober 1966 yang merupakan gabungan dari beberapa elemen mahasiswa yang ada untuk melakukan perlawanan terhadap PKI maupun CGMNI. Kali ini pun mahasiswa Indonesia mendapatkan prestasi yang gemilang dalam membersihkan ibu pertiwi dari pengaruh PKI.

Era selanjutnya, babak di mana mahasiwa mampu menumbangkan Soeharto sebagai presiden Indonesia yang telah membangun dinasti, serta terkenal menumbuhkan semangan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN) di Indonesia. Klimaks perjuagannya pun terlihat dramatis, mahasiswa berbondong-bondong menduduki gedung kura-kura DPR RI. Dimulai dari situ, mahasiswa membuka lembar baru bangsa ini menjadi bangsa yang demokratis akibat reformasi yang bergulir begitu derasnya.

Pascareformasi sampai saat ini, banyak sudah yang dilakukan oleh mahasiswa Indonesia, tetapi hanya berorientasi pada kepentingan organisasinya. Perjuangan-perjuangan ideologis nampaknya sudah tidak diminati lagi oleh masyarakat kita. Hal ini berakibat pada lemahnya dukungan masyarakat pada aksi-aksi yang dilakukan oleh mahasiswa, bahkan aksi-aksi mahasiswa di jalan mendapat kecaman keras dari masyarakat karena menyebabkan macet, dan sebagainya. Minat mahasiswa pada masalah-masalah kemasyarakatan mulai menurun, aksi-aksi demonstrasi hanya melibatkan kalangan elit kampus yang berjumlah puluhan orang.

Dari Ideologis ke Professional

Terlihat pada masa-masa sebelumnya mahasiswa memiliki apa yang disebut dengan “common enemy”. Dimulai dari Kolonialisme fisik, Komunis, hingga rezim Soeharto, sehingga arah pergerakannya menjadi jelas dan terarah. Sebenarnya dalam perjuangan masa itu simbol-simbol organisasi mampu dilebur oleh keinginan luhur mahasiswa untuk membangun bangsanya, semuanya memiliki misi yang sama dengan warna yang berbeda. Pada masa kini sebuah pertanyaan besar bagi mahasiswa Indonesia? Siapa “musuh” kita? Mau dibawa ke mana reformasi ini?

Tiap organisasi tentu punya catatan sejarah manis tentang kegemilangan mahasiswa kala itu yang membuatnya dipelajari dengan bangga pada tiap-tiap pelatihan-pelatihan kepemimpinan, sehingga banyak yang menjadikannya sumber inspirasi dalam berjuang. Bahkan tidak sedikit yang menghidupkan simbol-simbol perjuangan kala itu.

Globalisasi menghilangkan sekat-sekat ideologi di dunia ini, dunia yang baru adalah dunia kompetensi yang membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang unggul. Karena persaingan global sudah tidak menyentuh masalah ideologi, China misalnya sebuah negara komunis tetapi menggunakan sistem perekonomian kapitalis dan banyak contoh yang lain.

Untuk mengisi reformasi ini, mahasiswa harus berkonsentrasi untuk melaksanakan riset, kajian ilmiah, dan hal-hal lain yang dibutuhkan oleh masyarakat kita saat ini. Masyarakat saat ini menantikan produk-produk mahasiswa yang mampu dirasakan langsung oleh mereka. Masalah pengangguran, transportasi, pangan, pengelolaan sumber daya alam (SDA), tata kota, teknologi informasi, serta pemerataan pembangunan, semua itu membutuhkan hasil karya mahasiswa Indonesia. Karena, siapa lagi yang diharapkan, bukankah mahasiswa adalah manusia Indonesia yang beruntung mampu melanjutkan hingga perguruan tinggi. Di sinilah perjuangan mahasiswa saat ini, perjuangan yang lebih rumit tetapi mulia.

Berhenti Berpolitik Praktis

Banyak di antara kita yang menjadi “antek-antek” partai politik bahkan alat kekuasaan. Banyak pergerakan organisasi mahasiswa berorientasi politik, sehingga sering ikut larut dalam pesta-pesta politik. Bukan berarti politik itu dilarang, fungsi mahasiswa sebagai social control harus tetap dijalankan tetapi mahasiswa bukan agen politik. Mahasiswa adalah insan akademis, pencipta, pengabdi bagi masyarakat. Tugas mahasiswa mengamankan ideologi negara bisa lebih dikendurkan, karena tidak seperti masa itu. Tentara Nasional Indonesia (TNI) saat ini sudah berperan dengan baik. Mahasiswa dibutuhkan jika terjadi kekacauan sistem nasional, atau terjadi sumbat-sumbat kemajuan. Di situlah mahasiswa bertugas mendobrak sumbat-sumbat itu. Tetapi jika keadaannya aman lancar, mahasiswa mesti kembali kepada tugas utama sebagai mahasiswa bukan sebagai kader politik.

Mahasiswa di Tengah kebutaan huruf.



“KITALAH
generasi yang akan memakmurkan Indonesia. Aku bersamamu orang-orang malang.” (Soe Hok Gie)

Ungkapan ini adalah sebuah renungan seorang aktivis muda bangsa ini di era ’63. Seorang pria kritis keturunan China yang berjuang dalam menjunjung tinggi hak dan keadilan rakyat Indonesia. Dialah Soe Hok Gie, mahasiswa sastra Universitas Indonesia yang menjadi sumber inspirasi bagi para mahasiswa untuk memaknai perannya sebagai seseorang yang berpendidikan tinggi. Berbagai kecaman dan makian ditumpahkan kepada sang aktivis ini, tapi perjuangan Gie tidak pernah berhenti . Menurutnya, tugas sebagai manusia yang berpendidikan adalah berpikir dan memahami persoalan yang terjadi di bangsanya setelah itu mengambil tindakan.

Tidak ada yang salah oleh bangsa ini apabila mereka mau memahami persoalan yang sedang terjadi, menganalisis dan mengambil tindakan. Akan tetapi, budaya demokrasi yang sering kelewat batas membuat masyarakat Indonesia menjadi orang yang lebih banyak bicara tapi tidak mau mendengar. Keadaan ini membuat kesenjangan pikiran antara pemerintah dan masyarakat. Masyarakat yang selalu mengeluh dan tidak mau berbuat apa-apa membuat pemerintah menjadi bingung dan beranggapan bahwa rakyat hanya uncang-uncang kaki di negeri ini tanpa tahu biduk persoalan bangsa ini.

Ketika kemiskinan melanda negeri ini, harga-harga membumbung tinggi dan korupsi merajalela, mahasiswa serasa ditampar oleh keadaan tersebut. Mereka secara tidak langsung terseret dan ditunjuk untuk ikut andil dalam permasalahan bangsa ini. Anggapan yang sering terlintas di benak masyarakat adalah bahwa mahasiswa merupakan sekumpulan anak muda yang egonya labil dan masih awam dalam politik. Tapi bukan itu yang terjadi dalam kehidupan kampus sesungguhnya. Para mahasiswa sudah belajar terbang sebelum ingin bebas. Mahasiswa sudah berlatih dalam organisasi mahasiswa (ormas), melakukan perdebatan satu sama lain, membuat event-event yang memerlukan kerjasama serta kepercayaan dan sebagainya. Maka, bukan sebuah hal yang rumit bagi mahasiswa untuk bicara ‘tidak’ demi kebaikan bersama. Mahasiswa bukan pemberontak bangsa, ia hanya mencontoh keberanian para pejuang terdahulu dalam melepaskan belenggu kebodohan bangsa ini dan mengenggam kemerdekaan sebagai balasannya.

Kurangnya pengertian di negara ini membuat segalanya menjadi sebuah masalah. Egoisme tinggi yang tertanam pada kaum borjuis membuat kaum miskin nekat menghalalkan segala cara karena lelah diabaikan. Mahasiswa berteriak, berdiri melawan panas menghadap kaum intelegensia yang selalu diam untuk ikut bersuara sebagai ‘rakyat Indonesia’ yang lahir menjadi makhluk sosial. Dan tugasnya lah membantu mereka yang terampas haknya sebagai seorang manusia.

Mahasiswa adalah para jiwa muda yang penuh kobaran semangat. Mereka tidak akan berhenti dalam memperjuangkan kebenaran. Ingatkah Anda dengan tragedi hilangnya tiga mahasiswa dalam peristiwa Trisakti? Itu hanya satu dari sekian banyak contoh semangat para mahasiswa dalam memperjuangkan keadilan. Mereka tidak ingin sekolahnya yang tinggi tidak dapat menghasilkan apa-apa alias nihil untuk bangsanya. Para mahasiswa berjuang mati-matian untuk melawan nasib buruk dan menolaknya sebagai sebuah ‘kutukan’. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Soe Hok Gie, ‘Apalah kata yang lebih puitis selain bicara tentang kebenaran’.

Gagasan kesadaran para mahasiswa seharusnya membuat bangsa ini berpikir bahwa setiap negara merupakan struktual yang sangat erat bagaikan sebuah bangunan dengan fondasi. Pemerintah tidak akan berjalan tanpa adanya masyarakat, begitu juga sebaliknya. Bangsa ini menangis sekarang, karena saat ini ia butuh konsepsi, bukan sekedar omong kosong para penjanji ulung. Negara ini butuh tindakan sekarang bukan perdebatan yang berujung saling menyalahkan. Dan sekarang mahasiswa tahu akan hakikatnya sebagai orang yang berpendidikan di tengah-tengah kebutaan huruf yang melanda negeri ini.

Jadikan Masalah Sebagai Tantangan

Image: corbis.com



JAKARTA
- Ketika bergabung dalam suatu kegiatan atau organisasi di kampus, mungkin saja kamu akan menemui berbagai masalah. Apa yang harus kamu lakukan ketika menemui masalah yang tidak hanya melibatkan dirimu, tetapi juga seluruh anggota kelompokmu? Simak tips berikut.

Mencurahkan perhatian pada solusi pemecahan masalah sangatlah penting. Fokus pada solusi akan menyelamatkan kelompokmu dari masalah lain yang mungkin lebih besar.

Esensi pemecahan masalah sebenarnya terletak pada kesanggupan untuk mengenali dan merumuskan masalah serta menerapkan pemecahan yang ampuh. Demikian disebutkan Ichsan S Putra dan Ariyanti dalam buku mereka Sukses dengan Soft Skills. Ichsan dan Ariyanti menambahkan, kemampuan melihat masalah ini terkait dengan sikap hati-hati, disiplin, sitematik dalam menghadapi dan memandang masalah.

Dalam buku terbitan Direktorat Pendidikan ITB ini, Ichsan dan Ariyanti memberikan sejumlah tips menjadi problem solver. Langkah awal adalah mengidentifikasi masalah secara rinci. Pastikan masalah yang kamu hadapi memang benar-benar nyata dan akan menghambat kegiatan atau organisasimu. Jangan sampai usahamu menyelesaikan masalah ternyata lebih berisiko daripada masalah itu sendiri. Identifikasi masalah bisa kamu lakukan dengan menggunakan dukungan data dan informasi.

Jika memang terdapat masalah, sebaiknya kamu menganggap hal tersebut adalah tantangan yang harus diatasi sekaligus kesempatan untuk berkembang. Langkah selanjutnya adalah kamu tentukan sebanyak mungkin alternatif pendekatan dan pemecahan masalah yang mungkin diambil. Tiap alternatif ini kemudian kamu analisa kelebihan dan kekurangannya untuk jadi masukkan dalam daftar prioritas. Dari daftar itu, pilihlah alternatif pemecahan terbaik untuk kemudian kamu laksanakan secara konsisten.

"Setelah alternatif tersebut dijalankan evaluasi hasilnya. Jika belum berhasil memecahkan masalah, ulangi langkah-langkah tadi mungkin ada hal yang terlupakan," tulis Ichsan dan Ariyanti dalam Bab 7 Menyelesaikan Masalah.

Kedua alumni ITB ini menyarankan, sebaiknya kamu menyelesaikan masalah yang menjadi tanggung jawabmu terlebih dahulu. Cara ini sangat mendukung peningkatan prestasi dan integritasmu di kegiatan atau kelompok yang kamu ikuti. Namun jika terlanjur salah langkah dalam menyelesaikan masalah, kamu tidak perlu terus menyesal. Sebaiknya kamu mengambil pelajaran dan berusahalah untuk lebih baik di lain waktu.

Tetap Sehat walau Jadi Anak Kos

JAKARTA - Tidak bisa dipungkiri, kesibukan perkuliahan membuat banyak mahasiswa tidak memikirkan pola makannya. "Yang penting kenyang," demikian pikir kebanyakan mahasiswa. Padahal, pola makan yang benar dan sehat akan turut memperkuat stamina mahasiswa menjalani berbagai aktivitas.

Biasanya, di daerah pemukiman mahasiswa atau nge-kos, banyak tersedia warung makan dengan berbagai variasi makanan mulai dari makanan tradisional hingga menu makanan luar negeri. Sebenarnya, yang paling ideal adalah mahasiswa memasak makanan sendiri sesuai kebutuhan. Dengan demikian, higienitas makanan yang disantap pun terjamin.

Tetapi, hal ini tidak mudah dilakukan. Sebab, selain tidak semua orang bisa memasak, kesibukan kuliah dan aktivitas lainnya menyita waktu mahasiswa sehingga membeli makanan adalah hal praktis untuk dilakukan. Oleh karena itu, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memilih makanan yang memenuhi nilai gizi dan terjamin higienitasnya. Perlu diketahui, kebutuhan manusia terhadap kalori perlu diimbangi dengan asupan nutrisi lainnya seperti protein, vitamin, dan mineral. Konsumsi air putih dalam jumlah cukup juga diperlukan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Bagaimanapun juga, kesehatan adalah investasi. Jika sakit, kegiatan kuliah dan aktivitas lainnya pasti akan terganggu. Sebab itu, mulailah menjaga kesehatan dengan cermat memilih makanan sesuai dengan kebutuhan gizi. Informasi tentang gizi dapat kamu peroleh dari berbagai sumber di internet, atau dengan berkonsultasi langsung ke dokter ahli gizi. Setelah pola makan yang benar dan sehat, kamu juga perlu melakukan olah raga dan istirahat yang cukup untuk menjaga kebugaran tubuh. (dari berbagai sumber)

Jangan Jadi Mahasiswa Kupu-Kupu

Image: corbis.com



JAKARTA
- Masa perkuliahan merupakan salah satu kunci penting dan krusial dalam meniti kari
er. Ketika kuliah, kita bisa menemukan bakat terbaik kita. Saat itu kita juga bisa menentukan apa yang menjadi semangat kita, serta mau jadi apa kita kelak.
Hal tersebut disampaikan oleh Executive Vice President Marketing, Product & CRM PT Bakrie Telecom Tbk Ridzki D Kramadibrata saat mengisi seminar bertajuk The Secret of the Experiences di ruang Multimedia B1 Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Rabu 4 Agustus kemarin.

Dalam seminar yang digelar oleh Masyarakat Akuntansi Unpad sebagai rangkaian acara Career Development Center (CDC) tersebut Ridzki menambahkan, kegiatan nonakademik di luar kampus bisa membantu kita ketika mencari pekerjaan. “Jangan menjadi mahasiswa “kupu-kupu” (kuliah pulang-kuliah pulang). Banyak hal bisa dilakukan di luar kuliah yang akan menjadi bekal kita nanti. Dalam berorganisasi, kegiatan mengatur sebuah event, atau pengalaman kita bertemu serta bernegosiasi dengan orang-orang penting saat mengadakan seminar, akan berguna untuk sebuah proses mencari kerja nanti,” ungkap Ridzki seperti dikutip dari situs Unpad, Kamis (5/8/2010).

Alumnus FE Unpad angkatan 1986 ini mendorong para mahasiswa untuk aktif di luar kelas. Menurut Ridzki, kemampuan berbicara di depan orang (public speaking) serta pengalaman berorganisasi merupakan salah satu pertimbangan sebuah perusahaan dalam merekrut karyawan. Meski demikian, kesibukan di luar kampus tidak boleh dijadikan alasan nilai akademik kita buruk. Sebab, saat ini indeks prestasi kumulatif (IPK) yang bagus masih menjadi persyaratan utama rekrutmen karyawan di berbagai perusahaan.

Menurut Ridzki, saat ini bahasa Inggris juga menjadi kunci keberhasilan dalam pekerjaan. Dia juga menyarankan, sebaiknya tidak perlu berpikir panjang ketika datang kesempatan untuk bekerja. Selain itu, mencari pekerjaan sebelum lulus juga penting, jadi ketika lulus kita bisa langsung dapat kesempatan untuk mendapatkan kerja.

Senada dengan Ridzki, Managing Partner Wiloto Corporation Asia Pacific, Christovita Wiloto, menyatakan, pengalaman kegiatan kampus di luar kuliah akan sangat bermanafaat dalam menentukan karir kita ke depan. "Waktu kuliah nikmati kuliah, tapi harus ada plan atau rencara saat kuliah mau jadi apa kita. Dan ada tujuan dari setiap kegiatan yang diikuti, itu akan menjadi bekal yang luar biasa,” tutur Christovita.

Azan Masjid di Kairo Diseragamkan

Masjid di Mesir (Foto: AP)


KAIRO
- Pemerintah Mesir memiliki cara unik agar azan berkumandang secara tepat di negaranya. Ibu Kota Kairo, menjadi contoh di mana suara azan saat ini telah tersentuh dengan teknologi.

Sekira empat ribu masjid di Kairo nantinya akan menyiarkan azan yang sama secara bersamaan dari satu sumber. Proyek yang sudah direncanakan selama enam tahun, sedianya akan dimulai pada hari pertama Ramadan. Sayangnya tertunda satu hari, karena kesalahan teknis.

"Warga Mesir memiliki masalah dengan waktu," cetus pejabat Kementerian Agama Mesir Syekh Salem Abdel-Galil.
"Tujuan kami tidak lebih untuk menyeragamkan waktu azan di setiap masjid. Kami juga dapat mengawasi kualitas suara dari muazin yang mengumandangkan azan," ungkap Syekh Salem Abdel-Galil seperti dikutip Associated Press, Jumat (13/8/2010).

Populasi Kairo yang padat memang membuat kekacauan saat waktu salat datang. Hal ini disebabkan perbedaan berkumandangnya azan dari tiap-tiap masjid yang ada di Kairo.
Program senilai USD175 ribu atau sekira Rp1,5 miliar (Rp9,000 per dolar) ini, akan memberikan kelengkapan berupa penerima gelombang radio yang dipasang di tiap masjid di Kairo.

Syekh Abdel-Galil menyatakan, tiap masjid di Kota Kairo diperkirakan akan menerima perangkat elektronik ini paling tidak hingga akhir Ramadan ini.

Teknologi sebenarnya bukan pertama kalinya dilakukan. Negara seperti Suriah, Uni Emirat Arab dan Turki sebelumnya sukses menerapkan teknologi ini. Tetapi di Kairo makin bertambah karena banyaknya masjid yang tidak terdaftar secara resmi oleh pemerintah.

Sosiolog: Ibu Kota Dipindah, Baik Tapi Mahal

DEPOK - Sejumlah pakar transportasi memperkirakan tahun 2015 ibu kota Jakarta akan lumpuh akibat semakin membludaknya jumlah kendaraan bermotor. Hal itu membuat wacana pemindahan ibu kota ke luar pulau Jawa kembali mencuat.

Sosiolog Perkotaan yang juga Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Roesliwa Soemantri mengaku setuju terhadap wacana tersebut. Namun menurutnya, pemindahan ibu kota bukan hal yang sederhana dan akan menghabiskan banyak biaya.

"Harus ada rencana matang, perpindahan ibu kota biayanya mahal, ada yang bilang pindah ke Jonggol-Bogor, nanti malah susah urus angkotnya padat juga. Bayangkan saja Jabodetabek adalah kawasan terpadat se-Jawa, coba kalau kita jalan-jalan jam sibuk keliling Jabodetabek, padat tumplek semuanya," katanya kepada wartawan di Kampus UI Depok, Selasa (10/8/2010).

Gumilar menambahkan, untuk memindahkan ibu kota ke luar Jawa, misalnya Kalimantan, juga perlu perencanaan matang. Menurut Gumilar, pemerintah hanya sibuk mengurus kepentingan pribadi dan tidak berkoordinasi satu sama lain.

"Kalau mau ke Kalimantan, harus dipikirkan jangan sampai ada ribuan orang nanti eksodus ke sana. Selain itu kita juga harus menjaga hutan Kalimantan,"

Lagipula, dalam permasalahan kemacetan Ibu Kota, masing-masing kementerian memiliki perbedaan kepentingan. Misalnya Kementerian Industri ingin tingkatkan produksi kendaraan bermotor. Beda halnya dengan Kementerian Lingkungan Hidup, yang beranggapan ibu kota sudah rawan polusi dan emisi. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, pihak pemerintah harus tegas.

Masih Banyak Perda Penghambat Investasi

SURABAYA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim menilai masih banyak peraturan daerah (perda) yang menyebabkan ekonomi biaya tinggi. Karena itu, mereka mendorong sinergi antara kalangan pengusaha dengan pemerintah untuk mengatasi masalah tersebut.

Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Dedy Suhajadi mengatakan bahwa sinergi antara pemda dan dunia usaha adalah prasyarat utama untuk mendorong perekonomian. "Investasi lahir dari dunia usaha. Dari investasi itulah perekonomian bisa bergerak maju. Pemda semestinya tidak bertindak kontraproduktif dalam memajukan perekonomian daerah," ujarnya kemarin.

Pertumbuhan ekonomi Jatim sebenarnya menunjukkan pergerakan yang positif dari waktu ke waktu. Pada semester I 2010, ekonomi Jatim tumbuh 6,18 persen atau lebih tinggi dibanding pertumbuhan nasional yang hanya mencapai 5,9 persen. "Jika Pemda semakin ramah terhadap investasi, kami yakin perekonomian Jatim bisa semakin terkatrol,'' imbuh Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti.

Kalangan pengusaha juga menilai pemda belum terlalu akomodatif terhadap kepentingan dunia usaha. Itu terlihat dengan masih banyaknya perda bermasalah. Sepanjang 2009, Jatim menerima usul penolakan perda terbanyak kedua dari Kementerian Keuangan, yakni

291 perda. Saat ini, 91 perda sudah dibatalkan, dua perda lain mendapatkan teguran langsung, empat perda direvisi, dan 194 perda belum ditindaklanjuti.

Evaluasi dari Komisi Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) menyebutkan bahwa banyak perda yang mengatur ketentuan pajak dan retribusi malah menghambat, bahkan merusak iklim investasi di daerah. Dari 1.379 perda yang mengatur ketentuan pajak dan retribusi, 31 persen di antaranya malah kontra produktif.

''Perda-perda tersebut terindikasi menyebabkan ekonomi biaya tinggi. Akibatnya, upaya untuk memacu dinamika ekonomi produktif di masyarakat menjadi tumpul,'' tandas Dedy.

Kanguru dan Singa Afrika Koleksi KBS Mati

[ Jum'at, 13 Agustus 2010 ]
Kanguru dan Singa Afrika Koleksi KBS Mati
Sejak Juni 2010, Belasan Koleksi KBS Tewas

SURABAYA - Satwa koleksi Kebun Binatang Surabaya (KBS) terus berkurang. Dalam waktu relatif singkat, beberapa hewan yang dipelihara di kebun binatang kebanggaan Surabaya itu mati.

Yang terbaru, singa afrika dan kanguru mati. Penyebabnya belum diketahui. Singa afrika betina berusia 17 tahun itu mati pada Rabu petang (11/8). Senin sebelumnya (9/8), seekor kanguru berumur sepuluh tahun juga ditemukan mati.

Sebelumnya, ada tujuh ekor singa afrika yang dikoleksi KBS. Rinciannya, dua ekor jantan dan lima betina. Kini, setelah singa betina bernama Leli itu mati, singa afrika betina tinggal empat ekor. Leli didatangkan dari Taman Safari Prigen pada 2004. Sementara itu, koleksi kanguru yang sebelumnya 19 ekor kini tinggal 18 ekor.

Humas KBS Agus Supangkat menjelaskan, pihaknya masih mendalami pemeriksaan kematian dua ekor binatang tersebut. Kini, dua mayat binatang yang berasal dari luar negeri tersebut masih diperiksa tim dokter hewan KBS. ''Butuh dua minggu untuk mengetahui hasilnya,'' jelasnya kemarin (12/8).

Terkait dengan persoalan umur, dia menjelaskan, di kandang KBS, umur singa afrika hanya sampai 20 tahun dan kanguru berkisar sepuluh tahun.

Pemeriksaan yang sedang dilakukan akan menentukan nasib mayat dua hewan tersebut. Pemeriksaan diutamakan pada organ dalam. Jika dinyatakan mati wajar alias bukan karena penyakit yang bisa menular, dua mayat tersebut akan diawetkan.

Sebaliknya, jika kematian dua hewan dalam waktu berdekatan itu disebabkan adanya virus yang menular dan mematikan, dua mayat hewan tersebut akan dibakar atau dikubur. ''Tunggu saja hasilnya nanti,'' tegas Agus.

Berdasar catatan petugas KBS, sejak Juni 2010, belasan koleksi KBS terus berguguran. Di antaranya, rusa bawean betina, ikan hias, komodo, babi rusa betina, rusa sambar jantan dan betina, dua anak ular piton, jalak bali anakan, burung mandar, burung nuri kepala hitam, bekantan jantan, burung rangkong, dan kakak tua jambul kuning

Dalam kematian satwa di KBS, ditengarai ada upaya sabotase oleh pihak internal. Isu itu mencuat lantaran selama ini para karyawan yang bekerja di KBS masih terkesan berkubu-kubuan. Ada karyawan kelompok pro-Stany Soebakir dan pro-Basuki Rekso Wibowo.

Bahkan, dugaan tersebut diperkuat keputusan tim manajemen sementara yang merumahkan beberapa karyawan kontrak yang sebelumnya diangkat kubu Basuki.

Namun, isu itu ditepis beberapa karyawan. Menurut seorang karyawan yang tidak mau namanya disebutkan, teman-temannya yang selama ini status kepegawaiannya dicabut tim manajemen sementara tetap bertugas dengan baik. ''Sebab, mereka kebanyakan bertugas di luar urusan satwa,'' tuturnya. (wan/gun/c5/nw)

---

Hewan KBS Mati sejak Juni 2010

Rusa Bawean betina

Aneka ikan hias

Komodo

Babi rusa betina

Rusa Sambar jantan dan betina

Dua anak ular Phiton

Jalak Bali anakan

Burung mandar

Burung nuri kepala hitam

Bekantan jantan

Burung rangkong

Kakak tua jambul kuning

Sumber: Pengelola KBS

Tips Membuka Lembaran Baru Kehidupan Cinta

Setelah sekian lama putus dengan mantan kekasih. Anda mungkin tidak mudah menemukan seseorang yang cocok dengan kriteria Anda. Mungkin tanpa disadari, Anda masih belum bisa melupakan mantan pasangan Anda. Ada beberapa pandunan agar bisa mulai berkencan lagi. Simak ulasan berikut ini.

1. Singkirkan nama mantan dari benak Anda, termasuk jangan menyebut dan membicarakannya lagi. Hapuslah kenangan saat bersama dia, mulai dari foto, barang pemberiannya hingga nomor teleponnya. Menyingkirkan benda-benda fisik yang mengingatkan Anda kepadanya mungkin lebih mudah daripada menghapusnya dari ingatan Anda, tapi yakinlah bahwa Anda bisa.

2. Jangan membiarkan diri Anda menderita, Jika di suatu tempat, Anda mendengar lagu kenangan berdua, jangan sampai membuat Anda sedih. Mengingatnya sebagai hal yang tidak perlu Anda ingat adalah yang lebih penting.

3. Jika mantan memiliki pasangan baru, jagalah emosi Anda. Mendengar mantan sudah mempunyai pasangan kencan baru akan membantu Anda lepas dari dia. Sudah saatnya bagi Anda untuk melakukan hal yang sama. Membuka hati untuk orang baru.

4. Berhentilah membandingkan. Tak kunjung adanya perasaan antara Anda dan teman kencan baru, bisa karena Anda masih membandingkannya dengan mantan. Jadi berhenti untuk membandingkannya dengan mantan Anda. Mereka pastinya berbeda, baik secara fisik, pemikiran ataupun perilaku.

5. Fokuslah pada diri Anda sendiri. Anda mungkin memang belum siap menerima orang baru. Jadi jangan paksakan diri Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak Anda sukai. Lebih baik, nikmati masa sendiri Anda dan berbahagialah.

6. Ciptakan fantasi. Buat daftar beberapa tipe pria yang Anda idamkan dan ceritakan hal ini pada teman wanita Anda. Siapa tahu mereka punya kenalan pria yang mirip dengan Anda bayangkan.

7. Ingat hal yang buruk dari dirinya. Ini mungkin bukan perbuatan yang baik, tapi setidaknya bisa membantu Anda melupakan dia. Cari tempat curhat jika biasanya Anda meminta saran dan curhat pada mantan. Kini saatnya Anda mencari seseorang sebagai tempat curhat baru untuk memberi dukungan pada Anda.

8. Tidak masalah berakhir pekan sendirian. Undang teman-teman dekat Anda untuk berbagi kebahagiannya, maka perasaan kehilangan teman akan hilang dengan sendirinya.

BPOM Babel: Rokok Elektronik Ilegal

Sungailiat, Bangka (ANTARA) - Kepala Pengujian Pangan Bahan Berbahaya dan Mikrobiologi pada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Bangka Belitung, Silaen, menyatakan, rokok elektronik yang telah beredar adalah produk ilegal karena belum dilakukan uji klinis.

"Rokok tersebut berbahaya dan tidak aman dikonsumsi masyarakat," katanya di Sungailiat, Jumat, menyikapi peredaraan rokok elektronik.

Ia mengatakan, rokok elektronik bagi sebagian masyarakat belum begitu mengenalnya, sistem rokok elektronik sebagai pengganti rokok tembakau yang diklaim tidak menimbulkan bau.

"Justru rokok elektronik atau "Elecronic Nicotine Delivery Systems" (ENDS) dimana proses pembakaraanya menggunakan energi listrik uapnya akan masuk langsung ke paru - paru," katanya.

Silaen mengatakan, masyarakat di Provinsi Bangka Belitung belum begitu mengenal rokok elektronik jika dibandingkan dengan masyarakat di kota - kota besar lainnya di Indonesia.

"Saya sendiri belum melihat ada toko yang menjual rokok elektronik kecuali informasi dari masyarakat rokok elektronik dijual oleh sales," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya tetap akan mengawasi rokok elektronik karena statusnya ilegal dan tidak memiliki daftar cukai dari bea dan cukai.

"Badan POM Amerika Serikat, FDA pada Mei 2009 lalu melakukan analisis rokok tersebut dan menguji kandungan `e-cigarette` dari dua perusahaan, ternyata ditemukan adanya kandungan dietilen glikol dan nitrosamin yang spesifik dalam tembakau," katanya.

Ia menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat terutama pencandu rokok, agar tidak merokok rokok elektronik yang dapat membahayakan.

Bebe Berlabuh ke MU


Bebe Berlabuh ke MU


Manchester United membereskan kontrak ketiga mereka sebelum kompetisi dimulai setelah membuat kesepakatan dengan striker Bebe dari klub Portugal Vitoria de Guimaraes. Website United mengatakan bahwa pemain berusia 20 tahun itu sudah menyetujui persyaratan-persyaratan pribadi dan akan menjalani tes kesehatan akhir pekan ini.

Manajer Alex Ferguson terus memperkuat pilihannya dalam menyerang dan Bebe bergabung dengan pemain asal Meksiko Javier Hernandez, yang mencetak gol dalam kemenangan Manchester United 3-1 atas Chelsea pada hari Minggu lalu.

Bebe merupakan salah satu pemain muda berbakat di Portugal dan akan bergabung bersama rekan senegaranya Nani di Old Trafford. United akan memulai penampilannya di Liga Premier melawan tim promosi Newcastle United pada Senin depan.

KEOSABO

Sepenggal kata yang mungkin tak bisa di hilangkan dari dinamika perkembangan kota Sorowako. Tidak sekedar nama, melainkan sebuah rumah, wadah, klub, team, bahkan organisasi professional yag turut memberi warna kehidupan di kota Sorowako. Awalnya Keosabo dibentuk oleh komunitas teman-teman sepergaulan dan seperjuangan pada saat masa SMP sekitar tahun 1999-2000. Dan awalnya adalah komunitas bagi Sahabat2 seangkatan di SMP YPS Sorowako itu sendiri. Mengenai arti atau apa sebenarnya Keosabo itu sendiri..Merupakan kependekan dari Kencang Oke..Santai Boleh yang kemudian di singkat menjadi Keosabo. Nah, mungkin pada saat itu nama ini sangat pas menaungi komunitas ini. Yang pada saat itu memang lagi focus pada komunitas motor dan atau otomotif. Komunitas motor Keosabo di kenal santun dan solid serta bersahabat dengan komunitas2 motor lain di Sorowako

Hari berganti hari, masa beralih masa..Keosabo tumbuh dan berkembang begitu dewasa hingga ke jenjang SMU YPS Sorowako. Di iringi semangat kekeluargaan dan spirit anak muda yang memang lagi dalam masa proses pencarian jati diri (eksistensi), teman2 yang bergabung pun makin bertambah. Bertambahnya anggota makin membuat Keosabo makin penuh dengan nuansa baru dan potensi yang begitu besar. Bukan hanya bidang otomotif fokusnya..dunia musik, sport, dan kegiatan lainnya pun di rambah. Dari skil musik teman2 Keosabo yang hobby musik, maka Sahabat2 mencoba memadukan harmonisasi musik dalam satu band. Sempat eksis di dunia musik Sorowako dengan mengikuti berbagai ajang musik dan pentas seni di Kota Sorowako. Tidak hanya sampai di situ..Keosabo juga terus ikut andil dalam berbagai kegiatan2 positif, kreatif dan intelektual di Sorowako hingga Akhir masa SMU, dan terus solid hingga kini dan detik ini.

Sekarang para personil dan Sahabat2 Keosabo banyak yang menimba ilmu di luar Sorowako. Ada yang di Jogja, Bandung, Makassar, Malang, Jakarta, Surabaya, Semarang, bahkan di luar negeri pun ada. Namun jarak bukan penghambat untuk terus berkomunikasi dan bersatu. Dimana-mana nuansa akrab Keosabo masih terjaga. Jadi, ketika kita kemana2..mo ke Jogja, Bandung, Makassar atau dimanapun..sahabat2 Keosabo dengan ramah menemani. Masih terasa kental aroma persahabatan yang tak lekang oleh waktu. Dasar Anak Keosabo..dimana2 dan kapanpun masih tetap kreatif. Hahaha..Canda tawanya tidak banyak yang berubah, sulit terlupakan dan tergantikan.
Miss u All Friends.
Glory For You All..Forever and Always.
banner angingmammiri
CO.CC:Free Domain

10 chord terlaris untuk minggu ini

chat